previous arrow
next arrow
Slider

LINK PMB


Akademik




Dosen



Penelitian






Usaha untuk Saling Memahami dengan Mengikuti Kegiatan Caring Me Programm

Samarinda – Mahasiswa memiliki berbagai keluh kesah terkait perkuliahan yang biasanya tidak terdengar dengan jelas oleh Fakultas. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang memunculkan berbagai stressor baru karena hal ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Perkuliahan yang full dilakukan secara online, tidak bisa bersosialisasi langsung dengan dosen maupun rekan sesama mahasiswa, mengerjakan tugas atau praktikum dengan gaya yang berbeda, dan sebagainya. Hal-hal tersebut sebenarnya dapat menyenangkan apabila kuota dan signal aman dari gangguan, keadaan lingkungan rumah mendukung, dan dukungan sosial yang selalu ada. Namun ada banyak faktor lain juga yang dapat menjadikan keadaan ini menjadi mimpi buruk bagi mahasiswa. Salah satunya adalah untuk mahasiswa yang susah berkonsentrasi dan menangkap pelajaran apabila tidak mendengar langsung penjelasan dari dosen. Atau dengan kata lain, apabila hanya melihat slide PPT yang dishare ia kesulitan untuk memahaminya dengan baik. Akhirnya nilai perkuliahan yang menjadi taruhannya.

Caring Me Programm merupakan kegiatan Sharing mahasiswa bersama seluruh dosen di Fakultas Psikologi. Tujuannya adalah untuk mengetahui keluh kesah yang mahasiswa miliki selama ini, dan membicarakan solusi terbaik untuk semua sisi. Di dalam kegiatan ini akhirnya ditemukan hal-hal seperti yang telah dijelaskan di atas, dan masih banyak lagi keluhan-keluhan yang sebelumnya tidak pernah terdengar oleh pihak dosen. Sehingga pihak dosen dapat memikirkan jalan tengah atau solusi terhadap keluhan tersebut.

Dosen Fakultas Psikologi yang notabennya adalah konselor pasti memiliki kemampuan mendengar yang baik, sehingga mahasiswa yang berkeluh kesah dapat didengarkan dan direspon dengan baik pula. Oleh karena itu setelah kegiatan ini dilakukan, harapannya mahasiswa semakin memahami bahwa pihak Fakultas Psikologi perlu mendengarkan terlebih dahulu untuk selanjutnya memberikan solusi terbaik dari setiap masalah. Begitu pun sebaliknya, mahasiswa perlu bicara agar keluh kesahnya terdengar dengan baik oleh pihak Fakultas Psikologi. Serta membiasakan mahasiswa untuk berkomunikasi 2 arah antara dosen dan mahasiswa. Akhirnya, Bapak Dr. Yudhi Satria RA., M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi membuat arahan terkait kegiatan Caring Me Programm yang akan menjadi kegiatan rutin fakultas dan tentunya dengan bantuan Himapsi sebagai panitia jalannya kegiatan.

Berikut dokumentasi kegiatan caring me programm yang dilaksanakan 2 hari, mulai tanggal 10 Agustus 2021 sampai 11 Agustus 2021. Kegiatan ini dilakukan dengan 3 sesi sesuai angkatan perkuliahan mahasiswa.

Author: Dian Putriana, M.Psi., Psikolog – (Dosen Fakultas Psikologi UMKT dan Pembina Himapsi)